Welcome

wElcome to Dame's Blog

Minggu, 05 Desember 2010

Selamat Tinggal Noda Yang Membandel


Pernahkah anda kebingungan saat pakaian kesayangan anda terkena noda tinta atau makanan? Jangan kuatir lagi,

berikut adalah tips cara menghilangkan noda pada pakaian anda berdasarkan penyebabnya.

NODA BUAH CERI
Bersihkan noda dengan menggosokkan kain yang telah direndam pada susu sebelumnya. Setelah itu, diamkan selama dua jam, lalu cuci dengan air sabun. Bilas dan keringkan.

NODA MENTEGA / MINYAK

Untuk noda mentega atau minyak pada pakaian berbahan katun (terutama yang berwarna putih), gosok-gosokkan perlahan kain yang telah direndam pada air bersabun pada permukaan kain yang terkena noda. Namun, alasi bawah kain/pakaian tersebut dengan kertas penyerap atau kain bersih.

Sedangkan untuk bahan katun berwarna, tambahkan sedikit amonia pada air yang bersabun, dan selanjutnya lakukan hal yang sama seperti langkah diatas.

Dan untuk bahan satin, taburkan terlebih dahulu bedak talek diatas permukaan kain yang terkena noda, biarkan sebentar hingga menyerap, lalu sikat perlahan-lahan dengan air bersabun sampai nodanya hilang.

NODA PERMEN KARET

Siapkan kantong plastik kecil, lalu isi dengan es batu. Kemudian letakkan diatas pakaian yang terkena noda permen karet. Gosokan kantung plastik berisi es batu tadi secara perlahan hingga permen karet yang menempel pada kain/pakaian lepas.

Setelah permen karetnya terlepas, mungkin masih ada noda yang tertinggal. Ambil kain bersih, lalu celupkan pada cuka putih, dan gosok-gosokkan secara perlahan, hingga bersih.

NODA COKLAT

Kalau noda coklat sudah mengeras pada pakaian, gosok dengan kain yang telah dicelupkan pada air bersabun. Kalau noda masih belum mau enyah juga, gosok-gosok permukaan yang terkena noda dengan cairan cuka putih, lalu bilas dengan air hangat.

NODA SAUS

Siramkan air dingin pada permukaan kain/pakaian yang terkena noda saus. Gosokkan dengan kain yang telah dicelupkan pada cuka. Atau bisa juga mengganti cuka dengan bikarbonat soda, lalu gosok perlahan. Bilas dengan air hangat.

NODA GULA CAIR

Cukup dengan menyiramkan air hangat pada noda, maka sekejab noda pun hilang.

NODA BAYAM

Gosokkan kentang mentah pada permukaan kain/pakaian yang terkena noda bayam, cuci dengan air sabun, dan bilas dengan air hangat.

NODA WORTEL

Bersihkan noda wortel dengan kain basah, lalu bilas dengan air. Jika masih ada noda yang tertinggal, bersihkan dengan campuran air dan amonia, gosok-gosokkan perlahan hingga noda lenyap.

NODA TELUR

Kalau noda telur masih baru, cepat-cepat bilas dengan air dingin. Jika noda sudah terlalu lama dibiarkan, maka gunakan kain yang telah direndam pada cairan pemutih. Dan apabila noda masih tertinggal, bersihkan dengan air beroksigen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar